Ini Dia Cara Merapikan Gigi Tonggos Yang Mudah Dan Efektif

By | December 4, 2020

Ini Dia Cara Merapikan Gigi Tonggos Yang Mudah Dan Efektif, Memiliki gigi tonggos memang membuat tidak percaya diri. Gigi tonggos adalah kondisi dimana gigi rahang atas lebih maju dari pada gigi yang ada di rahang bawah. Ternyata menurut ahli kedokteran gigi tonggos merupakan salah satu jenis kelainan loh, biasanya disebut maloklusi. Secara normalgigi yang ada di rahang atas memang terletas lebih maju dari pada di rahang bawah. Nah, jarak normalnya adalah 2 – 4 mm. sementara gigi tonggos memiliki jarak lebih dari itu.

Ini Dia Cara Merapikan Gigi Tonggos Yang Mudah Dan Efektif

Gigi tonggos sering kali dihubungkan dengan factor keturunan. Namun ternyata ada beberapa penyebab gigi tonggos yang dipengaruhi oleh kebiasaan.

Penyebab Gigi Tonggos

  1. Keseringan mengisap jempol

Secara umum anak memang suka sekali mengisap jempol. Hal itu merupakan bagian dari proses pertumbuhan. Namun jika kebiasaan mengisap jempol ini berlanjut hingga usia 5 – 6 tahun, boleh jadi efeknya jangka panjang. Pasalnya saat mengisap jempol tekanan yang dihasilkan oleh otot pipip akan mendorong rahang maju lebih ke depan.

  1. Mengisap dot yang terus menrus

Mengisap dot sebenarnya juga menjadi faktor gigi memiliki posisi yang tidak umum. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang tertera pada Journal of American Dental Association. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut ialah anak yang memiliki kecenderungan mengisap dot ternyata struktur gigi yang ada di rahang atas tampak lebih maju dari pada anak yang tidak mengisap dot.

  1. Gangguan pada susunan gigi dan tulang rahang

Faktor penyebab gigi ronggos selanjutnya adalah susunan gigi yang berantakan. Sehingga gigi akan tampak lebih maju. Misalnya susunan gigi yang renggang atau terlalu bertumpuk. Yang selanjutnya menyebabkan posisi gigi tidak teratur. Gigi yang terlalu berjubal dapat merusak rahang sehingga posisi gigi lainnya menjadi lebih maju.

  1. Tumor di mulut

Jika secara tidak wajar gigi pada rahang atas menjadi lebih maju dari rahang bawah salam kondisi tidak umum, boleh jadi disebabkan oleh adanya tumor di mulut. Dimana posisi rahang berubah disebabkan oleh pertumbuhan jaringan lunak yang tidak normal.

Akibat Memiliki Gigi Tonggos

Selain mengenai estetika, gigi tonggos juga menyebabkan beberapa ketidaknyamanan loh. apalagi jika berkaitan dengan aktivitas menggigit maupun mengunyah.pasalnya struktur gigi yang tidak beraturan juga dapat membuat anda kesulitas bernapas. Belum lagi kejadian lidah atau bagian dalam pipi yang tergigit.

Ini Dia Cara Merapikan Gigi Tonggos Yang Mudah Dan Efektif

Oleh karenanya kini sudah banyak cara merapikan gigi tonggos yang bisa dijadikan alternatif. Efek samping jika tidak segera diatasi adalah:

  • Berbicara sedikit sulit, banyak orang yang mencari cara merapikan gigi tonggos karena merasa bermasalah dengan pengucapan yang tidak sempurna. Biasanya banyak dari mereka yang kesulitan untuk melafalkan huruf S, SH, F, V, TH, P, B, dan M
  • Mengunyah dan menggigit menjadi tidak leluasa, pasalnya gigi yang tidak terususn dengan benar tidak bisa mengatup dengan baik. Sehingga makanan tertelan padahal proses mengunyah belum selesai. Jika diproses awal saja makanan yidak dicerna dengan baik maka akan berpengaruh pada proses di dalam organ pencernaan
  • Beresiko terkena radangdilu gusi
  • Terbentuknya karang gigi
  • Lapisan enamel gigi menjadi rusak
  • Gigi berlubang

Cara Merapikan Gigi Tonggos

  1. Kawat gigi

Cara merapikan gigi tonggos yang pertama adalah dengan memakai kawat gigi. Untuk pemakaiannya sendiri harus melalui dokter gigi. Sebab pemasangannya juga tidak boleh sembarangan. Selain itu, untuk pemasangan pertama kali, memakai kawat gigi akan sedikit sakit.

Pada umunya kawat gigi yang digunakan adalah yang bersifat permanen. Nah, pemasangan ini diharapkan dapat membantu memundurkan gigi belakang sekaligus merapikan susunan gigi. Perawatannya juga memerlukan waktu tergantung seberapa parah kasusnya. Minimumnya behel kawat dipakai selama 2 tahun.

  1. Invisalign

Invisalign bisa menjadi cara merapikan gigi tonggos yang efektif. Pasalanya pemakaian invisalign kini sudah banyak dipilih masyarakat untuk membuat tampilan gigi menjadi lebih esetetis. Invisalign adalah perata gigi yang dibuat transparan sehingga menyerupai warna gigi. Selain itu invisalign juga didesain sesuai bentu gigi penggunanya.

Berbeda dengan behel yang terbuat dari kawat besi, maka invisalign ini dari bahan baku plastik. Jadi pemakaiannya pun lebih mudah. Anda juga tidak perlu minder ketika memakainya. Teknisnya, behel transparan ini bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan. Meski begitu tetap dianjurkan untuk memakainya tidak kurang dari 22 jam.

Invisalign juga mudah dibersihkan ketika selesai makan. Cara penggunannya anda cukup memasukkan invisalign mengikuti pola gigi. Mungkin di awal pemakaian invisalign akan membuat mulut anda tersa mengganjal. Namun manusia cepat beradaptasi dengan keadaan. Sehingga seiring waktu anda akan terbiasa.

  1. Operasi

Cara merapikan gigi tonggos yang masuk kategori sangat parah bisa diatasi dengan operasi. Hal ini sudah tidak asing lagi dalam dunia kedokteran. Dokter spesialis akan memberikan penanganan dengan memasang sebuah skrup yang berfungsi sebagai penstabil tulang rahang. Namun sebelum melakukan operasi anda wajib konsultasi dulu mengenai seberapa parah kondisi struktur gigi.

Perawatan Rumahan Untuk Kesehatan Gigi Tonggos

Untuk gigi tonggos perlu perawatan yang lebih ekstra, beberapa di antaranya adalah:

  1. Rajin sikat gigi

Sikat gigi memang menjadi agenda wajib untuk perawatan gigi. Apalagi untuk orang yang memang memiliki keluhan. Pasalnya gigi tonggos seringkali membuat makanan menyangkut dan sulit dibesihkan. Meski begitu sikatlah gigi dengan pelan sehingga tidak merusak lapisan pelindungnya.

Oleh karenanya anda juga harus memilih pasta gigi yang ampuh dan efektif melindungi enamel gigi, yaith pasta gigi yang mengandung fluoride

  1. Membersihkan gigi dengan benang

Cara yang satu ini bisa disebut dengan flossing. Metode fossing sangat ampuh untuk membersihkan gigi dari plak makanan yang menempel di gigi. Dental floss  bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi yang memang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi. Untuk penggunannya anda bisa menggesekkan dental floss ke sela-sela gigi dengan perlahan. Jangan terlalu keras atau menggesek gusi, karena bisa menyebabkan gusi berdarah.

  1. Memakai pelindung mulut

Untuk anda yang gemar berolahraga ekstrim wajib memakai alat pelindung gigi. Pasalnya hal ini akan dapat melindungi gigi dari kerusakan yang sewaktu-waktu bisa anda alami. Misalnya karena benturan ketika melakukan kegiatan ekstrim.

Selain itu anda juga sebaiknya memakai. Untuk alat pelindung ini anda bisa konsultasi ke dental terlebih dahulu ya.

  1. Berhenti merokok

Apa anda termasuk perokok berat? Jika iya, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Pasalnya merokok dapat menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut. Efeknya juga boleh jadi berjangka panjang. Jika tidak segera dihentikan maka periodontis tidak bisa dihindari.

Secara umum gigi tonggos ini lebih kepada faktor genetic. Oleh karenanya sulit sekali untuk melakukan pencegahan agar gigi tetap teratur. Meski begitu anda tetap bisa melakukan perawatan secara dini dengan menggunakan behel transparan atau invisalign.

Invisalign ini bisa anda dapatkan di klinik kedokteran gigi yang sudah modern. Karena desainnya mengikuti keadaan gigi anda akan diberikan satu set invisalign dengan aturan yang harus dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.