Alat Yang Wajib Dimiliki Tempat Sablon DTG

By | June 11, 2021

tempat sablon.Sekarang ini sepertinya tempat sablon kaos DTG sedang amat sangat digemari. Pasalnya banyak konsumen yang lebih menyukai teknik sablon kaos DTG dibandingkan dengan teknik sablon kaos yang lainnya. Alasannya tentu cukup jelas karena ketika menggunakan teknik sablon kaos DTG maka pemesanan minimal bisa hanya satu saja. Hal itulah yang seringkali menjadi daya pikat para penyablon yang menggunakan teknik DTG.

Karena popularitas dari teknik DTG yang begitu baik dan menjanjikan di dunia sablon masa kini. Mengakibatkan banyak orang yang ingin mencoba membuka usaha sablon kaos DTG juga. Maka tidak heran jika kata pencarian “persiapan membuka usaha tempat sablon DTG” begitu banyak dijadikan kata kunci pencarian di internet.

Peralatan Wajib Sebelum Buka Usaha Sablon DTG

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja persiapan bagi seseorang untuk bisa membuka usaha sablon DTG, akan lebih baik rasanya jika mengetahui alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Karena dengan mengetahuinya akan membuat seseorang mampu melakukan kalkulasi modal dasar utamanya. Sehingga apabila dirasa cukup, barulah bisa dilanjutkan pada tahap persiapan lainnya. Adapun alat-alat wajib untuk memulai usaha sablon DTG antara lain sebagai berikut.

  1. Printer DTG

Alat paling utama tentu saja adalah printer DTG karena dengan alat itulah proses penyablonan dilakukan. Adanya alat ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk membuka usaha sablon DTG karena dengan skill sablon yang rendah tetap dapat membuka usaha sablon. Pasalnya pada sebagian besar proses sablon DTG, penyablon hanya perlu menghabiskan waktunya di depan layar komputer guna menyesuaikan desain yang hendak dicetak menggunakan printer DTG.

  1. Hot Gun

A;at satu ini secara bentuk dan fungsi mirip sekali dengan hair dryer, sehingga tak sedikit penyablon yang tetap menggunakan hair dryer saja. Fungsi utama dari alat yang satu ini adalah untuk mengeringkan hasil cetak yang keluar dari printer DTG. Karena jika tidak dikeringkan terlebih dahulu berpotensi akan menembus pada bagian kain yang lain. Adanya proses pengeringan menggunakan hot gun atau hair dryer juga dapat membuat hasil cetak lebih baik, awet dan tahan lama.

  1. Mesin Press

Alat yang wajib dimiliki oleh suatu tempat sablon DTG berikutnya adalah mesin press. Mesin press sendiri merupakan alat yang dipakai guna mengeringkan cairan pre-treatment sebelum kaos ditempatkan pada tatakan alias tray printer DTG. Mesin press pun mempunyai fungsi pada tahap finishing karena setelah selesai proses pencetakan dan dikeringkan menggunakan hot gun, barulah kemudian hasil cetak  diangkat untuk kemudian dilakukan mekanisme pressing menggunakan alat ini agar tinta bisa menyatu dengan kuat dan warna tintanya juga kering sempurna.

  1. Kompresor

Alat yang satu ini merupakan alat yang memiliki fungsi untuk menyemprotkan pretreatment pada kaos yang hendak dijadikan media cetak, utamanya pada bulu-bulu kaos agar pori-pori pada kaos bisa tertutup secara merata. Selain itu juga kompresor berperan saat proses finishing sablon DTG, pasalnya setelah press cetak selesai namun sebelum dilakukan pressing memakai mesin press, kompresor diberi epoxy supaya bisa melapisi tinta sehingga nantinya akan menjadi lebih awet.

  1. Cartridge dan cairan head cleaner

Cartridge diperlukan sebagai tempat dimana tinta berada yang kemudian nantinya akan dihubungkan pada print head. Maka jelas peran alat ini begitu krusial karena tanpa tinta memiliki tempat, maka proses pencetakan menggunakan printer DTG tak mungkin dapat dilakukan sedangkan head cleaner digunakan bukan hanya sekedar untuk membersihkan print head saja, tetapi untuk mengatasi kebuntuan pada printer akibat lama tak digunakan.

  1. Kertas teflon

Alat terakhir yang wajib dimiliki seseorang yang hendak membuka tempat sablon DTG yakni kertas Teflon. Pasalnya kertas Teflon mempunyai fungsi cukup penting, yaitu untuk memberikan pelapisan terhadap elemen mesin press. Dengan demikian sesaat setelah dicetak dan dilakukan mekanisme pressing menggunakan mesin press, tinta tidak melekat dan lengket pada bagian elemen press kaosnya. Hal tersebut akan menjadi masalah jika memang terjadi, maka meski tampak tak krusial, kenyataannya alat ini termasuk yang paling krusial.

Harga dari tiap-tiap peralatan di atas tentu amat sangat beragam karena ada banyak pilihan merk alias brand yang tersedia. Selain itu margin keuntungan yang diambil tiap-tiap penjual juga pastilah berbeda yang akan membuat harga yang ditawarkan juga berbeda meski tak terlalu signifikan perbedaannya. Tetapi karena hal itulah maka dalam melakukan kalkulasi biaya untuk membeli peralatan dasar, sangat disarankan melakukan survey pada beberapa penjual serta untuk beberapa brand sekaligus.

Sebagai saran, gunakan alat dan bahan yang berkualitas, karena persaingan diantara tempat sablon yang satu dengan yang lainnya adalah soal kualitasnya. Pasalnya meski ada teknik sablon lain yang biaya produksinya lebih murah maupun lebih mahal, perbedaannya tak begitu jauh. Sehingga akan sangat bijak jika persaingan dilakukan berdasar pada kualitasnya, bukan pada permainan harga yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *